Kamis, 18 Juni 2015

Makan sahur bagi kesehatan | puasa ramadhan

Makan sahur bagi kesehatan | puasa ramadhan - Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang sangat di istimewakan oleh agama islam, karena pada bulan ini tempat dilipatgandakan amal kebaikan, turunnya kitab suci al - qur'an yang menjadi pedoman seluruh umat muslim, juga perintah berpuasa. 
Bagaimana kah sahur pertama anda ?? terasa sedap dengan menyiapkan berbagai masakan agar nantinya tidak lapar ? :D . saudara yang dirahmati allah swt, sesungguhnya dalam makan sahur terdapat manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mari kita simak artikel dibawah ini :

Makan sahur Yuk !!


Nabi SAW menganjurkan kita untuk makan sahur, seperti Dari diriwayatkan oleh Abi Said al-Khudri RA: "Sahur itu barakah, maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Dan termasuk sunnah ketika sahur adalah untuk mengakhirkannya." 
kita dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu sebelum berpuasa walaupun hanya dengan seteguk air, biasakan apabila kita makan sahur pada pukul 03.30 kurang lebih atau sepertiga malam terakhir.
jadi bagi ikhwan wa akhwat sekalian yang masih malas untuk sahur sekarang tibalah saatnya untuk melatih diri dalam rangka membiasakan untuk bangun pada sepertiga malam dan makan sahur , agar nanti bisa menjadi kebiasaan yang baik dan ditambah dengan shalat qiyyamul lail - Nya . lalu bagaimanakah manfaat makan sahur bagi kesehatan tubuh kita ! temukan jawabannya sekarang.

Dibalik makan sahur memberikan manfaat bagi kesehatan

Hidup sehat dengan makan sahur - Ingin hidup sehat seperti rasulullah SAW , salah satunya adalah bangun pada sepertiga malam. apalagi ditambah dengan shalat qiyyamullail . makan sahur pada waktu itu juga dapat bermanfaat bagi tubuh kita .
Berdasarkan penelitian, bangun di sepertiga malam terakhir itu bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kita. Bahkan ini dapat menjadi pilar utama kesuksesan kita dalam menjalankan berbagai macam diet.

Ketika kita lelap tertidur, ternyata banyak kejadian yang terjadi didalam tubuh kita. Pada saat tidur, sistem hormon akan berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan.

Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone).

HGH mendorong pertumbuhan, memelihara dan memperbaiki otot dan tulang dengan memfasilitasi penggunaan asam amino. Sedangkan melatonin adalah hormon yang diproduksi untuk membantu manusia untuk tidur.

Hormon ini disekresikan oleh kelenjar pineal jauh di dalam otak. Ini membantu tubuh mengontrol irama dan siklus tidur-bangun. Tetapi faktanya hormon-hormon baik tersebut semakin malam semakin turun produksinya dan akan berada pada titik terendah saat sepertiga malam terakhir. Sebaliknya, hormon stress yakni hormon kortisol justru meningkat produksinya dan yang bisa menghentikannya adalah kalau kita bangun.

" Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua dapat bermanfaaat secara optimal "
 Dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar gula darah, menurunnya kepekaan insulin serta meningkatkan nafsu makan dan selalu ingin makan yang manis. Terakhir, meningkatnya lemak tubuh yang biasanya ditandai dengan perut yang membuncit.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL DI BLOG INI
SILAHKAN BERKOMENTAR BILA :
1. Ada yang ingin ditanyakan
2. Kritik dan saran
3. Ingin menambahkan
4. terdapat kesalahan