Senin, 22 September 2014

Anjuran Menangis & Manfaat menangis untuk kesehatan

Anjuran Menangis & Manfaat menangis untuk kesehatan - Mengenai hal menangis , pasti semua orang pernah atau bahkan sering menangis . Memang menangis tidak akan menyelesaikan masalah namun dengan menangis perasaan marah kita menjadi turun. Dalam hal menangis terdapat adab adabnya dalam islam. bagaimana mengenai menangis yang memang di anjurkan oleh islam dan menangis yang mana yang tidak boleh / dilarang oleh islam. saya akan menjelaskan sedikit mengenai hal tersebut

Menangis menurut islam

Anda pernah menangis ? atau bahkan sering ! tahu tidak teman teman semua bahwa islam juga menganjurkan menangis ! Loh untuk apa ? balik perintah dalam islam pasti terdapat manfaat nya baik kita semua dan manfaat menangis kita akan bahas setelah ini . adapun menangis benar  yang di anjurkan islam adalah sebagai berikut.
1. Menangis ketika kita sedang shalat

Dari Muthorrif dari ayahnya, dia berkata : “Aku. melihat Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang sholat, dan di dada­nya ada suara seperti suara air yang mendidih karena menangis.”

2. Menangis tatkala membaca al-Qur’an atau membaca Sunnah Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam

“Apabila dibacakan ayat-ayat Alloh Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam [19]:58)

Ibnu Umar  radhiyallahu ‘anhu, ketika membaca Surat al-Hadid ayat 16 (yang artinya): “Belum datangkah waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk tunduk hati mereka mengingat Alloh.” beliau radhiyallahu ‘anhu menangis se­hingga membasahi jenggotnya dan berkata : “Wa­hai Alloh.

3. Menangis pada saat berdzikir dan berdo’a ke­pada Alloh Ta’ala

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda : “Ada tujuh orang yang akan mendapat naungan pada hari kiamat, tidak ada naungan kecuali naungan-Nya …

“…Dan orang yang berdzikir kepada Alloh dengan bersepi lalu menetes air kedua matanya… 

4. Menangis saat melintasi daerah yang berge­limang kemaksiatan

Abdulloh bin Umar radhiyallahu ‘anhu, berkata : “Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berkata kepada Ashabul Hijr : ‘janganlah kalian memasuki daerah suatu kaum yang telah disik­sa, kecuali dengan menangis. Kalau kamu tidak menangis, janganlah memasuki daerah mereka agar kalian tidak tertimpa apa yang menimpa me­reka.

5. Menangis apabila keluarga dan masyarakat meninggalkan sholat atau berbuat maksiat.

Az-Zuhri rahimahullah, berkata : “Saya datang kepada Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu di Damaskus dan ia sedang menangis. Lalu saya bertanya : ‘Mengapa engkau menangis?’ Ia menjawab : ‘Saya tidak tahu lagi amal yang aku dapati di masa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang masih dipedulikan orang sekarang, selain sholat, itu pun sudah disia-siakan.” 

6. Menangis ketika mendengar khutbah atau ceramah

Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, berkata : “pada suatu hari Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berada di atas mimbar lalu bersabda : ‘Ada seorang hamba yang diberi pilihan Alloh Ta’ala antara diberi kemewahan dunia atau di­beri sesuatu yang ada di sisi-Nya. Ternyata hamba itu memilih sesuatu yang ada di sisi-Nya.’ Setelah itu Abu Bakr  radhiyallahu ‘anhu, tampak menangis.

7. Menangis bila menjumpai ulama sunnah sakit mendekati ajalnya

Said bin Jubair, berkata : “Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu; pernah bertanya : ‘Apakah hari Kamis itu?’ lalu be­liau menangis hingga air matanya membasahi ba­tu-batu kerikil. Aku bertanya : ‘Wahai Ibnu Abbas, ada apa dengan hari Kamis?’ Beliau menjawab : ‘Pada hari itu penyakit Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bertambah parah kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Kemarilah, aku akan menyampaikan untukmu suatu wasiat sehingga kamu tidak akan tersesat setelahku…’.

8. Menangis karena mengingat dosa

Tholhah Ibnu Mushorif rahimahullah berkata : “Ada orang yang berbuat dosa, maka setiap dosa yang dia ingat dia menangis.

9. Menangis ketika mendengar adzan

Al-Qodhi Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah menangis di masjid ketika mendengar adzan hingga pasir di hadapannya basah olehnya

10. Menangis ketika berkhutbah

Abu Zaid rahimahullah berkata : “Saya melihat Umar bin Abdul Aziz rahimahullah, menangis di atas mimbar, tidak mampu bicara karena tangisannya sangat kuat. 

itulah beberapa menangis karena takut kepada Allah SWT . lalu adakah manfaat dari menangis ?

Manfaat menangis bagi kesehatan

Ternyata menangis juga ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. admin juga baru tahu tentang hal ini setelah melihat acara di televisi . jadi sekarang saya langsung informasikan ke teman teman pembaca semua. agar tahu mengenai hal ini. 
  • Mengeluarkan bakteri di mata

    Seperti yang teman teman semua ketahui bahwa ketika ketika menangis pasti terdapat air . tapi ternyata air mata ini dapat mengelurkan racun ataupun bakteri yang ada pada mata. sehingga apabila seseorag menangis maka bakteri-Nya akan ikut keluar bersama dengan air mata hasil dari menangis
  • Mengurangi stress

    Ketika kita sedang banyak persoalan ataupun banyak masalah yang sangat mengganggu pikiran kita , sehingga dapat menimbulkan pikirin jadi stress. Menurut salah satu dokter ahli mata yang bernama Dr. William Frey dari Ramsey Medical Center, bahwa menangis dapat mengurang beban psikis yang ada dalam diri manusia. Ia juga mengatakan bahwa air mata manusia mengandung 98 persen air yang didalamnya terdapat hormon stres.  Jadi jika anda menangis, berarti anda telah mengeluarkan hormon stress dari dalam tubuh anda. Itulah sebabnya mengapa menangis dapat mengurangi beban psikis berlebihan atau stress.
  • Membunuh bakteri

    apabila bakteri yang ada padat mata tidak keluar maka bakteri tersebut akan terbunuh oleh air mata kita . Pada mata kita terdapat bakteri yang dapat dibersihkan menggunakan enzim lysozyme. Enzim tersebut terkandung dalam air mata. Jadi pada saat kita menangis otomatis kuman akan terbunuh dengan sendirinya akibat enzim lysozyme yang terkandung dalam air mata. Enzim lysozyme ini memiliki kemampuan membunuh bakteri lebih bagus dibanding dengan obat tetes mata. Itulah sebabnya anda perlu menangis pada saat-saat tertentu.
  • Melembabkan Mata

    Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa air mata dapat membantu melembabkan mata. Air mata dapat digunakan sebagai pelembab alami yang akan membuat mata kita terhindar dari rasa perih, kering, dan iritasi. Dengan menangis mata kita akan menjadi lembab walaupun mata kita akan menjadi sedikit merah. Namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama.
  • Meningkatkan Mod

  • Mensehatkan mata

    terkadang dari kebanyakan kita apabila mata kita gatal atau terdapat sesuatu, kita sering menggosok mata yang perih atau bahkan menggunakan cairan kimia untuk mengobatinya. padahal dengan kita menangis itu dapat mensehatkan mata kita.
Itulah beberapa Anjuran Menangis & Manfaat menangis untuk kesehatan , apabila kurang puas dengan artikel ini . silahkan berikan kritik & saran atau mencari yang lebih lengkap. Mohon maaf atas kekurangnnya . semoga dapat bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL DI BLOG INI
SILAHKAN BERKOMENTAR BILA :
1. Ada yang ingin ditanyakan
2. Kritik dan saran
3. Ingin menambahkan
4. terdapat kesalahan