Selasa, 16 Juni 2015

Inilah rahasia sehat dengan puasa | Ramadhan

Inilah rahasia sehat dengan puasa | Ramadhan - Sebagaimana telah kita ketahui bahwa tidak lama lagi bulan ramadhan akan segera tiba, " Marhaba Ya Ramadhan " didalam bulan penuh keistimewaan ini Allah SWT mewajibkan setiap umat-Nya untuk berpuasa sebagaimana telah tercantum dalam al - qur'an.

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.” ( QS : Al-baqarah ayat 183 )
Maka dibulan ramadhan nanti seluruh umat muslim wajib berpuasa ( menahan lapar , haus, hawa nafsu , dll). banyak orang muslim sudah mengetahui manfaat ataupun keistimewaan dalam berpuasa di bulan ramadhan, namun bagaimanakah puasa dapat menyehatkan tubuh kita ? Simak jawabannya dalam artikel dibawah ini.

Puasa dalam pandangan ilmu kesehatan

Apakah benar puasa dapat menyesehatkan tubuh kita ?? jawabannya adalah benar sekali. karena  ketika berpuasa, organ-organ tubuh dapat beristirahat dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh, meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak dengan yang baru serta untuk memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh kerena manusia mempunyai kemampuan terapi alamiah.

Adapun beberapa hikmah berpuasa , antara lain :
  • Supaya fisik dan mental terasa lebih baik
    Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonio” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.
  • Membersihkan badan
    Berpuasa selain bermanfaat untuk detoksifikasi atau proses pengeluaran racun secara menyeluruh, juga bermanfaat untuk menambah tenaga. Hal tersebut disebabkan racun-racun yang ada pada sel-sel dan jaringan  tubuh telah dibersihkan. Sehingga organ tubuh menjadi lebih bersih dan zat gizi yang masuk lebih mudah diserap.
  • Mengendorkan ketegangan jiwa
    Pusa memiliki banyak hikmah dan manfaat untuk kesehatan tubuh, ketenangan jiwa, dan kecantikan. Saat berpuasa, organ-organ tubuh dapat beristirahat dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh, meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak dengan yang baru serta untuk memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh kerena manusia mempunyai kemampuan terapi alamiah.
Dan masih banyak lagi manfaat berpuasa ramadhan bagi kesehatan, jadi saudara muslim jangan takut untuk berpuasa karena ternyata puasa justru dapat membuat tubuh lebih sehat dan terasa lebih baik.

Puasa Menurut Ahli Kedokteran 

Beberapa pendapat para ahli kedokteraan mengenai manfaat berpuasa :
  1. Allan Cott, M.D
    Allan Cott, M.D., telah menghimpun pengamatan dan penelitian para ilmuwan berbagai negara, lalu menghimpunnya dalam sebuah buku “Why Past” yang mengalami 17 kali cetak ulang dalam tempo sewindu. Di buku itu Allan Cott, M.D. memberikan berbagai hikmah puasa, antara lain:
    •  To fell better physically and mentally (supaya fisik dan mental terasa lebih baik)
    •  To clean out the body (membersihkan badan)
    •  To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak)
    •  To get more out of  sex (lebih mempu mengendalikan sex)
    •  To let the body health it self (membuat badan sehat dengan sendirinya)
    •  To relieve tension (mengendorkan ketegangan jiwa)
    •  To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi)
    •  To gain control of one self (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri)
    •  To slow the aging process (memperlambat proses penuaan).
  2. Riyad albiby and ahmed elkadi
    menyebutkan puasa bisa menambah kekebalan tubuh atau imun system pada beragam penyakit. diperlihatkan dengan peningkatan manfaat sel limfa yang menghasilkan sel limfosit t yang dengan significan jadi tambah, sesudah puasa.
  3. Dr sabah al-baqir serta kawan-kawan
    Menyebutkan bahwa puasa bisa kurangi jumlah hormon penyebab stress. dia berbarengan tim dari falkutas kedokteran kampus king saud. yang lakukan studi pada hormon prolaktin, insulin serta kortisol, pada tujuh orang lelaki yang berpuasa sebagai sampel. akhirnya bahwa tak ada pergantian penting pada level kortisol. prolaktin, serta insulin. ini tunjukkan bahwa puasa bln. ramadhan tidaklah pekerjaan yang memberatkan, serta tidak menyebabkan tekanan mental ataupun saraf.

    Percobaan ini memberikan peningkatannya berlangsung pada perbedaan waktu saja, apabila pada hari tidak puasa prolaktin alami kenaikan paling tinggi pada jam 16. 00. sesaat pada bln. ramadhan alami puncaknya pada jam 21. 00 serta alami penurunan lagi hingga batas terendahnya jam 04. 00. sesaat insulin meningkat pada jam 16. 00, tengah pada bln. ramadhan jam 21. 00, alami penurunan hingga batas paling rendah jam 16. 00. tengah kortisol pada hari biasa meraih puncaknya jam 09. 00, alami penurunan pada jam 21. 00, sesaat pada bln. ramadhan tak ada pergantian bermakna.
  4. Dr ahmad al-qadhi, dr. riyadh al-bibabi
    hasil penelitian ini memberikan dampak positif puasa yang cukup penting pada sistem kekebalan tubuh. indikator fungsional beberapa sel getah ( lymfocytes ) membaik sampai sepuluh kali lipat, meskipun jumlah total beberapa sel getah bening tidak beralih, tetapi prosentase type getah bening yang bertanggung jawab membuat perlindungan tubuh serta melawan beragam penyakit yakni sel t alami kenaikan yang cepat.
    Lebih lengkapnya kunjungi ( pandangan berpuasa menurut para ahli kedokteran ).

Kesimpulan :

Jadi pada intinya, berpuasa sangat lah bermanfaat baik bagi tubuh , rohani , maupun terhadap aktifitas sosial. banyak hal yang kita bisa ambil dari manfaat ini namun tetap kita berpuasa karena Allah SWT, bukan karena ingin sehat , cantik , dll. itu semua hanyalah efek dari puasa.

SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar:

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL DI BLOG INI
SILAHKAN BERKOMENTAR BILA :
1. Ada yang ingin ditanyakan
2. Kritik dan saran
3. Ingin menambahkan
4. terdapat kesalahan