Minggu, 07 September 2014

Manfaat memakan buah kurma | Berbuka puasa

Manfaat memakan buah kurma - berbicara tentang buah kurma saya teringat waktu bulan ramadhan yang setiap hendak berbuka puasa pasti ada kurma yang setia menemani. Tapi tahu tidak pembaca sekalian, kenapa mesti kurma untuk berbuka puasa ? Karena kurma mengandung zat gula yang tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin ( Seperti vitamin A, B2, B12 ) , dan sejumlah zat penting lain , seperti : Kalsium, Phosphor, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng (Zinc), nuhas ( tembaga ), Salyolosa , dan sebagainya

Beberapa pendapat tentang Kurma


Syaikh Yahya al Hajuri mengatakan, “Pendapat yang mengatakan bahwa berbuka puasa dengan kurma adalah sunnah Nabi yang berlaku di semua tempat adalah pendapat yang tidak tepat. Nabi berbuka dengan kurma karena makanan pokok yang dominan di tempat tersebut kala itu adalah korma
Sehingga jika ada ruthob maka Nabi berbuka dengan ruthob. Jika adanya kurma maka beliau berbuka dengan kurma. Jika tidak ada apa apa maka beliau berbuka dengan meneguk beberapa teguk air” [Ithaf al Kiram bi Ajwibah Ahkam Zakah wal Hajj was Shiyam hal 360 terbitan Dar Imam Ahmad Mesir 1427 H].

Penelitian tentang buah kurma

Dr. Ali ahmad syahhat pernah melakukan penelitian kimiawi dan fisiologi terhadap kurma, dan hasil penelitian kurma tersebut Menjakjubkan :
  1. Jika kita buka puasa dengan kurma ruthab atau tamar, persentase kandungan zat gula kita akan naik, artinya bisa membantu menghilangkan penyakit anemia ( kurang darah ), Oh iyah, Ruthab itu artinya kurma yang mengkel, yang masih segar, dan juga matang di pohon. Nah, kalau tamar yaitu kurma matang kering yang banyak terdapat di indonesia ( misalnya yang banyak dijual di pasar Tanah Abang Jakarta )
  2. Waktu lambung kosong karena tidak makan seharian, waktu buka , lambung akan lebih gampang mencerna dan menyerap makanan kecil yang mengandung gula, malah lebih cepat dan maksimal lagi.
  3. Kandungan zat gula dalam ruthab dan tamar ( tentunya dalam bentuk kimia sederhhana ) menjadikan proses pencernaan di lambung jadi sagat mudah , soalnya 2/3 zat gula yang ada dalam tamar dan ruthab bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dalam waktu yang singkat.
  4. Selain itu, kita juga tidak perlu minum banyak banyak lagi sewaktu buka jika kita makan kurma ruthab atau tamar, karena sudah mengandung air 65-70% ! Tetapi sangat tidak dilarang untuk minum pun.

Manfaat kurma bagi kesehatan

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
    Buah kurma bermanfaat untuk memperkuat tulang, mencegah osteoporosis dini, dan memperkuat gigi. Hal ini karena buah kurma mengandung mineral, selenium, mangan, magnesium, dan tembaga yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan tulang yang sehat dan gigi kuat. Buah kurma sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang lanjut usia dan mereka yang sudah memiliki pengeroposan tulang meski masih muda. 
  • Mengurangi reaksi alergi
    Buah kurma dapat mengurangi reaksi alergi. Karena buah kuno yang telah ada sejak abad ke-5 sebelum Masehi mengandung sulfur organik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa sulfur organik berdampak positif pada sekitar 23 juta orang di Amerika yang mengalami alergi musiman. 
  • Proses pembekuan darah Buah
    kurma dapat bermanfaat dalam proses pembekuan darah. Hal ini karena buah kurma kaya akan kandungan vitamin K dan vitamin B-kompleks. Vitamin B-kompleks seperti vitamin B-6 (piridoksin), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein. 
  • Baik untuk saraf dan otak Buah
    kurma mengandung nutrisi dan vitamin yang terbaik bagi kesehatan dan fungsi saraf. Kalium yang terkandung dalam buah kurma merupakan bahan untuk meningkatkan sistem saraf yang lebih responsif dan sehat. Aktivitas otak dapat meningkat, dapat lebih berpikir cepat, dan menjaga tetap fokus dalam menghadapi suatu masalah. 
  • Mengatasi anemia Penyakit anemia
    disebabkan karena kekurangan zat besi. Zat besi menjadi suatu komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan kapasitas oksigen pembawa darah. Buah kurma mengandung zat besi karena sebanyak 0,90 milligram atau 100 gram per buah kurma (sekitar 11 persen AKG). 
  • Mencegah stroke
    Kurma juga dapat bermanfaat untuk mencegah stroke. Hal ini dikarenakan kurma dapat menghilangkan sebagian kolesterol jahat yang dapat menyebabkan stroke. Sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma. 
  • Mencegah jantung koroner
    Kalium yang terkandung dalam kurma merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. 
  • Melancarkan buang air
    Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Selain itu, kandungan dalam kurma juga bermanfaat untuk memperlancar salurang pembuangan air kecil dan mencegah penyakit kencing batu serta prostat. 
  • Menjaga kesehatan mata
    Buah kurma kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang menjaga kesehatan mata karena mengandung anti oksidan. Vitamin A juga dapat memelihara kelembaban dan menguatkan penglihatan mata. 
  • Energi
    Inilah alasan mengapa dianjurkan berbuka puasa dengan buah kurma. Hal ini karena kurma kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kurma dapat menjadi makanan ringan, terutama ketika Anda sedang merasa lesu. 
  • Mengatasi sembelit
    Kurma mengandung serat yang tinggi. Serat tinggi tersebut juga terdapat pada makanan lainnya, seperti oatmeal. Serat tinggi bermanfaat untuk membantu proses pencarnaan agar lebih lancar. Cara menggunakan kurma sebagai obat sembelit, pertama rendam kurma semalaman dengan air matang. Pada waktu paginya makan kurma hasil rendaman tersebut. Meminum air bekas rendamannya juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit. 
( sumber : manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh )


Manfaat kurma - Subhanallah. Tidak heran jika Rasulullah SAW menganjurkan buah kurma sebagai salah satu makanan pembuka puasa .

1 komentar:

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL DI BLOG INI
SILAHKAN BERKOMENTAR BILA :
1. Ada yang ingin ditanyakan
2. Kritik dan saran
3. Ingin menambahkan
4. terdapat kesalahan