Kamis, 25 September 2014

Tips mengobati Panu dan Kurap | sehat islam

Tips mengobati Panu dan Kurap | sehat islam - Penyakit panu disebabkan oleh jamur. Kalau panu ciri cirinya adalah kulit tampak berwarna putih, kasar dan gatal, lebih lebih saat keringat. Sedangkan kurap ciri cirinya hampir sama dengan panu hanya saja lebih kasar, tebal dan sangat gatal dan bentuknya selalu bulat.

Penyakit kurap menyerang kulit dan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Rasa gatal yang timbul biasanya tidak akan mudah ditahan untuk menggaruknya. Dengan menggaruknya secara terus menerus membuat kurap semakin lebar pada kulit.

Sebagian besar orang yang pernah terkena penyakit ini sering tidak Percaya diri bila berhadapan dengan orang lain, karena penyakit ini membuat kulit kita sedikit tidak enak di pandang .

Penyakit kurap merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang dikenal sebagai dermatofit yang memakan keratin. Kurap dapat menular dengan cara kontak langsung dengan manusia maupun hewan lain yang mempunyai penyakit tersebut. Selain manusia dan hewan, benda mati yang terkena parasit tersebut juga dapat menjadi media penyebaran penyakit tersebut.

Tips Mengobati Panu & Kurap

adapun beberapa cara untuk mengobati panu dan kurap dapat dilakukan dengan cara :
  1. Untuk mengobati panu gunakanlah cara di bawah ini :
    • bacalah surat Al - Fatihah sebanyak 7 kali
    • kemudian tiupkan ke minyak zaitun
    • lalu tempat bagian tubuh yang terdapat panu diolesi dengan minyak tersebut selama satu bulan, maka akan sembuh dengan izin Allah SWT.
     
  2. Untuk mengobati kurap, gunakan car dibawah ini :
    • Ambillah akar landep ( barleria prionitis ) satu genggam kemudian lumatkanlah
    • peraslah jeruk nipis barang satu buah
    • campurkanlah kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada kulit yang sakit atau yang sedang terkena kurap
Beberapa tips tips yang lainnya untuk mengobati penyakit kurap :
1. Lengkuas
Lengkuas adalah jenis tananman yang hidup di wilayan tropis Indonesia. Tanaman ini adalah salah satu jenis bumbu dapur yang sering dijumpai ketika memasak sayur. Selain untuk bumbu masak, lenkuas juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti penyakit kurap.

Cara Meramu:
Ambillah satu lenkuas kemudian potong ujungnya, setelah itu tumbuk ujungnya jangan sampai hancur(menyerupai kuas) kemudian celupkan pada air cukak. Oleskan pada daerah yang terkena penyakit kurap. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari secara teratur. Lakukanlah hingga penyakit kurap benar-benar sembuh.

2. Bawang Putih
Bawang putih merupakan tanaman yang tumbuh di Indonesia yang juga digunakan sebagai bumbu masak. Biasanya bila ada bawang putih pasti ada bawang merah untuk bumbu masakan indonesia. Tanaman ini mengandung senyawa sulfur sehingga bawang putih yang masih mentah memiliki rasa getir. Bawang putih juga dapat digunakan untuk kesehatan yaitu mengobati penyakit kurap.

Cara meramu:
Siapkan beberapa siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan pada daerah yang terkena penyakit kurap hingga merata. Diamkan kurang lebih setengah jam dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan ini secara rutih yaitu 2 kali sehari hingga penyakit kurap hilang.

3. Belerang
Belerang dapat ditemukan di dataran tinggi vulkanik(pengunungan) dari mata air alami yang ada disana. Belerang juga dapat ditemukan ditoko-toko karena memang dijual. Belerang dapat digunakan sebagai alternatif dalam menyembuhkan penyakit kurap. Selain itu, belerang juga sering digunakan untuk mengobati segala penyakit gatal-gatal.

Cara meramu:
Belilah belerang cair di toko obat, setelah itu oleskan cairan itu pada daerah yang diserang penyakit kurap. Diamakan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara teratur minimal 2 kali sehari hingga kurap hilang.
Adapun untuk pengetahuan yang lebih lanjut anda bisa mencari informasi kembali di sumber sumber yang lain. Semoga artikel Tips mengobati Panu dan Kurap | sehat islam kali ini dan yang sebelumnya dapat bermanfaat dan bisa diamalkan dengan baik di kehidupan sehari hari.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL DI BLOG INI
SILAHKAN BERKOMENTAR BILA :
1. Ada yang ingin ditanyakan
2. Kritik dan saran
3. Ingin menambahkan
4. terdapat kesalahan